PHP Dev Cloud Hosting
Cloud Hosting Indonesia

PELUANG KERJA BISNIS & MANAJEMEN



Mungkin banyak yang mengalami hal seperti ini. Sewaktu berdiskusi mengenai jurusan apa yang sebaiknya diambil sewaktu kuliah nanti, seringkali orang tua berkata seperti ini: “Ambil jurusan bisnis dan manajemen aja, biar aman. Biar nanti setelah lulus gampang nyari kerja”. Ya, memang ada benarnya. Usaha mana yang tidak perlu tenaga kerja lulusan bisnis dan manajemen?


APA ITU MANAJEMEN?

Ilmu Manajemen bisa dikatakan sebagai ilmu paling tua di dunia. Kenapa? Karena sejak manusia mulai hidup berkelompok, mereka telah memulai manajemen, yaitu merencanakan, mengatur dan mengelola semua proses untuk mencapai tujuan. Hal ini termasuk membagi peran dan tanggung jawab, misalnya wanita memasak, pria berburu, dan lain-lain. Jadi memang tidak heran banyak yang berpikir jurusan bisnis dan manajemen adalah jurusan paling aman, pasti ilmu ini akan terpakai dan lebih gampang mencari kerja.


KULIAH MANAJEMEN

Mengapa harus kuliah manajemen kalau itu sudah menjadi naluri manusia? Buktinya manusia purba yang tidak kuliah saja bisa mengatur dan mengorganisir kelompoknya dengan baik.

Nah, walau terdengar sederhana, manajemen dalam dunia bisnis itu sangat kompleks dan tentu saja perlu dipelajari teori dan prakteknya. Ditambah lagi, berbeda dengan jaman dulu,  kurikulum di luar negeri sangat mementingkan keahlian praktikal, kamu akan diikutkan dalam program magang (internships) atau penempatan kerja (work placement) yang diwajibkan oleh kurikulum. Dengan demikian, kamu tidak hanya belajar teori, tetapi berkesempatan untuk mempraktekkan apa yang kamu pelajari di tempat kerja. Jadi begitu lulus, sudah ada gambaran dunia kerja itu seperti apa, sudah punya pengalaman kerja, dan bahkan jika kamu cukup cemerlang dan menghasilkan ide yang inovatif, punya koneksi dan bisa memanfaatkan fasilitas universitas, kamu bahkan bisa memulai usaha kamu sendiri.

Dukungan bagi mahasiswa

Mengapa harus kuliah bisnis dan manajemen di luar negeri? Alasan utama adalah karena program kuliah di sana mencakup magang dalam kurikulumnya, sehingga tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga berkesempatan mempraktekkannya di dunia kerja sebelum lulus. Dengan demikian para mahasiswa akan menjadi lulusan yang lebih siap kerja nantinya.

Selain itu, universitas, terutama di Inggris, juga banyak menyediakan kegiatan ekstra kurikuler bagi mahasiswanya, untuk menunjang pembelajaran mereka. Bahkan sebagian universitas menyediakan dukungan wirausaha, untuk membantu mahasiswa memulai usaha sendiri, dan persiapan karir bagi mahasiswa seperti CareerAhead dari University of Sussex.

Jadi universitas tidak langsung lepas tangan setelah mahasiswa lulus, tetapi juga membantu mereka dalam menemukan karir yang cocok.

Apa yang dipelajari dalam kuliah Bisnis dan Manajemen?

Banyak sekali yang dipelajari. Di tahun-tahun pertama kamu akan kenyang menghafal teori. Tetapi itu tidak susah jika kamu mulai dari memahami garis besar pelajaran:
  • Memahami tujuan yang harus dicapai
  • Mengumpulkan dan menganalisa data, informasi
  • Menyusun rencana dan/atau strategi berdasarkan prinsip: ‘Efisien dan Efektif’
  • Mengimplementasikan rencana
  • Mengevaluasi

Jurusan Bisnis dan Manajemen

Bisnis dan Manajemen adalah bidang yang sangat luas. Beberapa jurusan yang ditawarkan adalah seperti: AkuntansiPemasaranManajemen Sumber Daya ManusiaKeuangandan lain-lain.


KULIAH BISNIS DAN MANAJEMEN DI LUAR NEGERI




PROSPEK KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN

Memiliki kualifikasi bisnis dan manajemen, peluang karir menjadi lebih luas dan fleksibel. Pada umumnya, lulusan keuangan dan akuntansi bisa melanjutkan dengan mengambil kualifikasi profesional saat bekerja di lapangan. Kualifikasi untuk akuntansi bersertifikat, misalnya, diberikan oleh asosiasi seperti ACCA dan CIMA. Selain itu, lulusan keuangan dan akuntansi juga dapat menjadi analis investasi, penasihat keuangan, manajer pajak, penjamin asuransi, pialang saham, konsultan bisnis atau manajer risiko.

Dengan gelar bisnis atau manajemen yang lebih umum, banyak lulusan melanjutkan karir di bidang-bidang seperti pengembangan bisnis, pemasaranSDM, rekrutmen, perbankan dan hubungan industrial. Peran-peran ini ada di berbagai industri juga – makanan, fashion, retail, manufaktur, utilitas, kesehatan, pariwisata, dan banyak lagi – dan di sektor swasta, publik dan sukarela.

Perlu diingat – bagi banyak profesi yang tercantum di atas, kualifikasi bisnis tidak penting. Namun, belajar bisnis akan memberikan landasan yang baik dalam bidang-bidang seperti komunikasi, keuangan, strategi pasar, dan kebijakan bisnis - yang dapat bermanfaat dalam karir masa depan, apalagi bagi yang ingin memulai usaaha sendiri, mendalami bidang bisnis dan manajemen, ditambah dengan pengalaman magang yang menjadi kurikulum kuliah akan sangat membantu untuk memulai usaha sendiri.

0 Response to "PELUANG KERJA BISNIS & MANAJEMEN"

Post a Comment

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia